HOME

Sabtu, 09 Juli 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                                   : SMK N 1 Slawi
Mata Pelajaran                        : Akuntansi
Kelas/Semester                        : XI (Sebelas) /1
Standar Kompetensi :
1.      Memahami Rekonsiliasi Bank
Kompetensi Dasar:
1.1  Mendeskripsikan dan mengidentifikasi Rekonsiliasi Bank
2.1  Menyusun Rekonsiliasi Bank metode saldo akhir dan membuat Jurnal Penyesuaiannya
Indikator:
1.      Mendeskripsikan pengertian dan tujuan Rekonsiliasi Bank
2.      Mengidentifikasi transaksi penyebab Rekonsiliasi Bank
3.      Membedakan macam-macam bentuk Rekonsiliasi Bank Metode Saldo Akhir
4.      Menyusun Rekonsiliasi Bank Metode Saldo Akhir dan membuat Jurnal Penyesuaiannya

Alokasi Waktu:          1 x 30 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian dan tujuan Rekonsiliasi Bank dengan lancar
b)      Siswa dapat mengidentifikasi transaksi penyebab rekonsiliasi Bank dengan tepat
c)      Siswa dapat membedakan macam-macam bentuk Rekonsiliasi Bank Metode Saldo Akhir dengan benar
d)     Siswa dapat menyusun Rekonsiliasi Bank Metode Saldo Akhir dan Membuat Jurnal Penyesuaiannya dengan baik

B.     Materi Pokok
Rekonsiliasi Bank

C.    Uraian Materi
a)      Pengertian dan tujuan Rekonsiliasi Bank
b)      Elemen Penyebab Rekonsiliasi Baik
c)      Macam-macam bentuk Rekonsiliasi Bank
d)     Menyusun Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Penyesuaiannya

D.    Metode Pembelajaran
1.      Metode Ceramah
2.      Metode Bermain Peran
3.      Metode Diskusi Kelompok
4.      Metode Penugasan

E.     Skenario Pembelajaran
1.    Kegiatan Awal
Pembukaan
Guru membuka pertemuan, memberi sedikit relaksasi agar siswa siap menerima materi. Mengecek kehadiran siswa, Kemudian memberikan penjelasan tentang materi yang akan disampaikan.
2.    Kegiatan Inti
1.      Menjelaskan tentang materi Rekonsiliasi Bank dengan menggunakan metode ceramah
2.      Memberikan contoh transaksi Rekonsiliasi Bank dan mengidentifikasi dengan menggunakan metode bermain peran sekaligus diskusi kelompok sebagai berikut:
a.    4 orang siswa maju kedepan dibagi menjadi 2 kelompok (masing-masing kelompok terdiri dari 2 orang) yang akan berperan sebagai pihak bank dan perusahaan.
b.    Siswa yang lain (tersisa 12 orang) dikelompokkan menjadi 6 kelompok (berpasangan/ terdiri 2 orang tiap kelompok).
c.    Guru memberikan soal untuk didiskusikan secara berkelompok.
d.   Guru membahas soal dengan memanfaatkan siswa yang ada di depan kelas untuk memerankan sesuai soal sehingga akan mempermudah pemahaman.
e.    Anggota klompok lain dipersilahkan mengangkat kertas yang bertuliskan bank atau perusahaan sesuai soal untuk menunjukan jawaban mereka.
f.     Kemudian guru membahas jawaban yang benar dari soal tersebut.
3.      Memberikan tugas pada siswa berupa transaksi-transaksi rekonsiliasi bank dan menyusun laporan beserta jurnal penyesuaiannya.

3.    Kegiatan Akhir
1.      Guru dan siswa melakukan refleksi
2.      Penilaian
·         Tes lisan dengan beberapa pertanyaan
·         Tes tertulis berbentuk essay
3.      Siswa mengerjakan soal berbentuk essay dari guru


F.     Sumber dan Alat
Sumber :
Akuntansi Pajak (ed.1), Oleh Waluyo
Alat     :
Spidol, kertas, papan tulis,LCD.




Mengetahui,                                                                Slawi, 14 Juni 2011
Kepala SMK N 1 Slawi                                             Guru Mapel Akuntansi


Drs. Samsul Mutasodirin, M.M                                  Sri Suryani
NIP 123456789012121                                            NIP 7101409279000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar