HOME

Sabtu, 09 Juli 2011

Evolusi Di Bidang Aplikasi Komputer

Komputer pertama yang disebut mainframe, berukuran sangat besar dan hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar. Inovasi di bidang teknologi peranti memunculkan komputer yang lebih kecil dan kuat. IBM menamakan komputer mikronya dengan istilah personal computer (PC) yang kemudian istilah itu digunakan perusahaan-perusahaan selain IBM yang juga memproduksinya.
Pesatnya inovasi di bidang teknologi perlu mempertimbangkan Hukum Moore yang menyatakan bahwa kekuatan sebuah komputer akan meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan. Konsekuensi dari Hukum Moore ialah bahwa dalam waktu 30 tahun komputer di meja Anda akan menjadi jutaan kali lipat lebih kuat untuk harga yang sama.
Kemajuan dibidang teknologi memungkinkan pengguna mengakses lebih banyak data secara lebih cepat, dan kemudian menganalisanya dengan teknik-teknik analisis yang canggih.
Teknologi komunikasi juga telah mengalami perubahan dramatis. Saat ini sedang tren menggunakan teknologi nirkabel. Kekhawatiran utama dalam hal komunikasi nirkabel adalah masalah keamanan. Banyak pengguna tidak mempergunakan fitur-fitur keamanan yang mereka miliki. Para pabrikan peralatan komunikasi nirkabel telah mulai menerapkan fitur-fitur yang secara otomatis menyalakan pilihan keamanan.
Sistem Informasi (SI) adalah suatu sistem virtual yang memungkinkan manajer mengendalikan operasi sistem fisik perusahaan.
Sistem Fisik (Physical System) perusahaan terdiri atas sumber-sumber daya berwujud seperti: bahan baku, karyawan, mesin, dan uang. Sedangkan Sistem Virtual (Virtual System) terdiri atas sumber daya informasi yang digunakan untuk mewakili sistem fisik. Contohnya: ruang penyimpanan persediaan yang menyimpan barang persediaan merupakan sistem fisik, sedangkan file induk berbasis komputer merupakan sistem virtual yang mencerminkan sistem fisik.
Sistem Fisik sebuah perusahaan adalah suatu Sistem Terbuka (Open System) yang berinteraksi dengan lingkungannya melalui aliran sumber daya fisik. Sistem Informasi juga merupakan sistem terbuka. Sistem Tertutup (Closed System) adalah sistem yang tidak berkomunikasi dengan lingkungannya. Bisnis adalah sistem terbuka karena mereka berinteraksi dengan lingkungannya.

Sistem Informasi adalah sistem yang mengolah data menjadi informasi yang berarti.
Data adalah fakta/angka atau gambaran mentah yang biasanya tidak bermanfaat karena volume dan ukurannya yang besar sehingga masih perlu diolah.
Informasi adalah interpretasi data yang berarti dan berguna.
Sistem adalah kumpulan komponen yang saling terkait yang mempunyai tujuan tertentu.


SISTEM INFORMASI

Sistem informasi yang pertama menjalankan fungsi-fungsi akuntansi perusahaan disebut Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing System). Setelah sistem ini terpasang, perusahaan mengalihkan perhatiannya pada pengguna sistem komputer untuk menyediakan informasi kepada manajer.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau Management Information System (MIS) ialah sistem berbasis komputer yang membuat informasi tersedia bagi para pengguna yang memilliki kebutuhan serupa. Pengguna SIM ialah entitas-entitas organisasi formal-perusahaan atau sub-unit anak perusahaan. Informasi yang dihasilkan SIM menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya dilihat dari kejadian masa lalu, sekarang dan yang akan datang. SIM menghasilkan informasi melalui penggunaan dua jenis peranti lunak:
• Peranti lunak pembuat laporan (report-writing software) yang menghasilkan laporan berkala atau laporan khusus.
• Model matematis menghasilkan informasi sebagai hasil dari suatu simulasi atas operasi perusahaan yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman.
Pengenalan SIM disertai dengan munculnya aplikasi-aplikasi berorientasi kantor yang mengalami evolusi yang dikenal sebagai “Kantor Virtual”. Otomatisasi Kantor (office automation) yaitu penggunaan elektronik untuk memfasilitasi komunikasi seperti: e-mail, voice mail, kalender elektronik, konferensi audio, konferensi video, konferensi komputer dan faximile. Sistem-sistem tersebut awalnya sederhana dan bersifat administratif. Namun kini biasanya disebut sebagai Sistem Produktivitas Pribadi (personal productivity system).
Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan atau Decision Support System (DSS) kemudian dikembangkan untuk membantu satu atau beberapa manajer dalam pengambilan keputusan. Pendekatan ini begitu sukses sehingga diperluas dengan memasukan pemecahan masalah kelompok, fitur-fitur baru dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) serta pemrosesan analitis secara online.
Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan atau Enterprise Resource Planing System (ERP) juga telah dikembangkan untuk mengintegrasikan seluruh sistem-sistem terpisah ini ke dalam keseluruhan sistem guna mengelola seluruh operasi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar